ANALISIS NOVEL “OMBAK SANDYAKALANING”
KARYA TAMSIR AS.
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengkajian Prosa Jawa
Modern
Dosen pengampu Drs. Sukadaryanto, M.Hum.
oleh :
Bangkit
Samodro Aji
2601409060
Rombel 1
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JAWA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011
Ombak Sandyakalaning
1.
ANALISIS ALUR
A.
Urutan Tekstual
Sekuen 1 : Darus dan Rejeb berencana pergi
melaut mencari udang dan ikan.
Kernel : Darus merasa cuaca sangat panas.
Kernel :
Darus dan Rejeb berfikir kalau melaut menggunakan cantrik sudah kurang efektif
kalah saing dengan penyelam dan kapal-kapal besar Cina.
Sekuen 2 :
Darus dan Rejeb sampai di laut.
Kernel :
Darus dan Rejeb bernyanyi untuk menghibur diri.
Sekuen 3 :
Darus dan Rejeb sampai di sebuah pulau tempat mencari udang.
Sekuen 4 :
Darus teringat keluarganya yang sedang menantikan hasil melautnya.
Kernel :
Darus teringat masa-masa kelahiran Layarini, anaknya.
Sekuen 5 :
Rejeb menyelam kelaut untuk menangkap udang.
Kernel :
Rejeb yang sudah didalam air kemudian disusul Darus.
Kernel :
Rejeb dan Darus kembali ke pulau melewati rerumputan dengan membawa banyak
udang.
Sekuen 6 :
Darus dan Rejeb pulang kembali kerumah.
Kernel :
Selama diperjalanan mereka bertemu dengan Goan Jie, Cina dari Surabaya.
Sekuen 7 :
Darus sampai dirumahnya.
Kernel :
Darus memanggil istri dan anaknya tapi tidak ada jawaban.
Kernel :
Darus menemukan Nikmah, istrinya yang sedang menangis.
Satelite :
Darus diberi tahu Nikmah bahwa Layarini dibawa pergi oleh kakeknya.
Satelite :
Darus diberi tahu bahwa Nikmah teringat ibunya yang sudah lama meninggal.
Sekuen 8 :
Layarini dan kakeknya kembali kerumah.
Kernel :
Layarini menghampiri bapaknya, tapi ditarik oleh kakeknya.
Sekuen 9 :
Darus mandi untuk menghilangkan bau laut.
Sekuen 10 :
Nikmah mengajak tidur Layarini.
Sekuen 11 :
Darus berencana pergi kerumah Rejeb untuk menghitung udang hasil melautnya.
Kernel :
Ditengah perjalanan Darus teringat keluarganya Nikmah.
Satelite :
Darus teringat cerita Nikmah saat ayah kandungnya, difitnah dan dibunuh Rabun.
Yang kemudian Rabun memperistri ibunya Nikmah. Tidak lama kemudian sang ibupun
meninggal karena sifat kasar Rabun.
Sekuen 12 :
Darus sampai dirumah Rejeb.
Sekuen 13 :
Darus dan Rejeb berangkat melaut dengan menggunakan prau mancung.
Kernel :
Darus meninggalkan Nikmah yang tertidur dirumah.
Kernel :
Darus juga meninggalkan Layarini yang sedang bermain dengan kakeknya.
Satelite 14 :
Rabun masuk kedalam rumah.
Kernel :
Rabun memaksa Nikmah untuk meninggalkan Darus.
Sekuen 15 :
Rabun pergi mencari Goan Jie ditempat anak buah Goan Jie yang sedang
mabuk-mabukan.
Kernel :
Rabun ditawari whisky asli dari Hongkong oleh Sabrang.
Kernel :
Awalnya Rabun menolak, tapi akhirnya dia mau.
Kernel :
Rabun disusul Nikmah yang dalam keadaan menangis untuk segera pulang.
Sekuen 16 :
Ditengah kebun kelapa Rabun dimarahi Nikmah karena telah menjualnya ke Goan
Jie.
Kernel :
Rabun membela diri, dia beralasan bahwa uang yang dia terima akan diserahkan
kepada Nikmah semua.
Kernel :
Rabun meninggalkan Nikmah yang sedang nangis ditengah kebun kelapa.
Sekuen 17 :
Nikmah dan Rini kembali pulang.
Kernel :
Dalam perjalanan Nikmah melihat Goan Jie menuju pesisir.
Sekuen 18 :
Setelah dirumah, Rabun kembali membujuk Nikmah agar mau menikah dengan Goan
Jie.
Kernel :
Rabun menjanjikan kekayaan jika menikah dengan Goan Jie.
Kernel :
Tawaran Rabun ditolak Nikmah karena dia masih mencintai Darus.
Kernel :
Rabun marah mendengar ucapan Nikmah.
Kernel :
Rabun menunggalkan Nikmah yang sedang menangis digubugnya.
Satelite :
Rabun membawa Rini dengan menggendongnya.
Sekuen 19 :
Darus dan Rejeb sampai di pulau yang sedang kekeringan karena kemarau.
Kernel :
Darus merasa kuatir dengan istrinya yang dirumah.
Kernel :
Darus mendengar Rejeb yang sedang bersyair di balik pohon Lamtara.
Satelite :
Darus mendatangi arah datangnya suara.
Sekuen 20 :
Darus dan Rejeb menyelam mencari udang menggunakan payal.
Kernel :
Darus dan Rejeb muncul kepermukaan dengan membawa udang sembari kedinginan karena
hembusan angin yang kencang.
Satelite :
Darus mengikat udangnya pada sebuah tali.
Sekuen 21 :
Darus dan Rejeb mendengar suara kapal motor ditengah suara ombak yang
menggelegar.
Kernel :
Rejeb melihat kapal tanpa muatan ditengah lautan yang kian mendekat.
Satelite :
Darus dan Rejeb ketakutan karena menyangka itu adalah kapal setan.
Sekuen 22 :
Darus dan Rejeb naik kepulau.
Kernel :
Rejeb menggulung tali majunnya.
Sekuen 23 :
Darus mengetahui kalau mereka kehilangan kapal mancungnya.
Kernel :
Darus dan Rejeb kebingungan dan segera mencari bantuan kapal yang lewat, tapi
tak ada kapal lainyang terlihat.
Kernel :
Darus beranggapan bahwa ada yang mensabotase kapal mereka.
Sekuen 24 :
Rejeb mencari tahu tentang hilangnya prau mereka.
Kernel :
Rejeb berulang kali menyelam mencari tambang yang digunakan untuk mengikat
praunya.
Satelite :
Rejeb bilang kepada Darus bahwa ada yang sengaja memotong tali prau mereka.
Sekuen 25 :
Ditengah sunyinya malam Darus dan Rejeb membakar udang untuk mengusir rasa
lapar dan dingin.
Kernel :
Mereka berbincang soal nasibnya tanpa prau mancung lagi.
Satelite :
Darus merasa dia harus menjadi kuli di kapal-kapal besar demi menyambung hidup.
Satelite :
Rejeb tidak setuju dengan Darus karena dia akan menjual sapi ayahnya untuk
membeli prau mancung lagi.
Sekuen 26 :
Sabrang yang membawa kapal motor datang menghampiri Darus dan Rejeb yang
kedinginan.
Kernel :
Sabrang dimintai tolong Darus yang teriak dari pulau.
Kernel :
Sabrang menolong Darus dan Rejeb.
Kernel :
Sabrang berpesan pada Darus bahwa dia akan menemukan hal yang tak terduga
dirumahnya.
Sekuen 27 :
Darus melihat Nikmah yang akan diperkosa Goan Jie.
Kernel :
Darus melihat Nikmah nangis ketakutan sambil meronta-ronta.
Kernel :
Darus merasa marah sekali melihat hal tersebut.
Satelite :
Darus menggenggam payalnya dengan kuat.
Kernel :
Darus mendengar Goan Jie mengatakan bahwa dia kesepian sehingga melakukan hal
tersebut kepada Nikmah.
Sekuen 28 :
Karena tidak tahan lagi, Darus langsung merangsek masuk kedalam rumah dan
seketika itu membunuh Goan Jie dengan payal yang dibawanya.
Kernel :
Darus menghujamkan payal tersebut dileher dan dada Goan Jie.
Sekuen 29 :
Darus keluar rumah menuju kebun kelapa memburu Rabun dengan membawa payal yang
berlumuran darah.
Kernel :
Darus didatangi Rejeb dan Kamituwa desa Cengkrong.
Kernel :
Darus dibujuk Rejeb untuk tidak melanjutkan niatnya dan supaya segera pulang
karena sudah ditunggu anak istrinya.
Satelite :
Sebelum pulang Darus hendak menyerahkan diri ke pihak yang berwajib.
Sekuen 30 :
Polisi dan masyarakat datang untuk menangkap Darus.
Kernel :
Polisi menangkap dan memborgol tangan Darus.
Kernel :
Polisi mempertemukan Darus dengan keluarganya sebelum dibawa kekantor.
Sekuen 31 :
Enam bulan kemudian, Darus kembali ke desa Sunglon untuk rekonstruksi kejadian
waktu itu.
Kernel :
Darus ditonton banyak sekali masyarakat yang ingin tahu kejadian yang
menyeretnya ke gelapnya penjara.
Kernel :
Sebelum pulang ke penjara Darus ditangisi anak istrinya yang seakan tidak rela
Darus kembali ke penjara.
Satelite :
Darus berpesan agar Nikmah menjaga Layarini dengan baik.
Sekuen 32 :
Darus dan teman-teman senasibnya dipenjara sedang bersendau gurau.
Sekuen 33 :
Darus meminta Kiman untuk memijitnya.
Kernel :
Darus teringat Nikmah yang minggu kemarin menjenguknya.
Satelite :
Darus diberi tahu Nikmah kalau Rini sedang sakit.
Satelite :
Darus merasa sangat kuatir.
Sekuen 34 :
Darus dipanggil sipir penjara untuk segera ke kantor.
Kernel :
Darus mengikuti sipir ke kantor.
Sekuen 35 :
Di kantor Darus bertemu dengan Pak Sulaiman kepela LP.
Kernel :
Darus disuruh Pak Sulaiman untuk segera mengemasi barang-barangnya karena Darus
mendapat remisi dan besok sudah bisa pulang.
Satelite :
Darus sangat senang mendengar hal itu.
Kernel :
Darus mendapat ucapan selamat dari Pak Suja’i dari bagian pembinaan agama.
Sekuen 36 :
Darus meninggalkan halaman LP keesokan harinya setelah mengurus surat-suratnya
di kantor.
Kernel :
Darus melambaikan tangan seolah memberi salam kepada teman-temannya yang masih
berada di LP.
Sekuen 37 :
Darus sampai di depan rumahnya saat bedug maghrib di masjid Watulima
berkumandang.
Kernel :
Darus memandangi pintu rumahnya sambil membayangkan betapa senang anak istrinya
melihat dia pulang.
Sekuen 38 :
Darus mengintip kedalam dari lubang bilik rumahnya.
Kernel :
Karena terlihat sepi, Darus memanggil Nikmah untuk membukakan pintu.
Kernel :
Darus tidak mendapati jawaban dari dalam rumah.
Kernel :
Darus merasa ada yang tidak benar, diapun teringat kejadian saat Goan Jie
hampir memerkosa istrinya.
Sekuen 39 :
Darus yang tak sabar lagi karena tak kunjung dapat balasan dari sang istri
langsung mendobrak pintu rumanya.
Kernel :
Dari kegelapan Darus melihat seorang laki-laki yang meloncat keluar dari
rumahnya.
Kernel :
Darus marah dan bertanya kepada Nikmah siapa laki-laki tersebut.
Satelite :
Darus tidak mendapatkan jawaban dari Nikmah.
Satelite :
Darus hanya mendapat jawaban dari Nikmah bahwa laki-laki itu yang membantu
Nikmah membayar biaya berobat Rini.
Sekuen 40 :
Nikmah mengantar Darus menemui Rini yang sedang bergelut dengan maut di meja
operasi.
Kernel :
Sesampainya disana, Nikmah mendapat kabar dari dokter bahwa Rini sudah melewati
masa-masa kritis.
Kernel :
Nikmah masih saja didesak Darus untuk mengatakan siapa yang masuk kedalam
rumahnya.
Satelite :
Akhirnya Nikmah mengaku bahwa Sabranglah yang masuk kerumahnya.
Kernel :
Nikmah melihat Darus sangat shock
mendengar hal tersebut.
Kernel :
Nikmah ditinggalkan Darus yang kalap.
Sekuen 41 :
Darus sadar bahwa selama ini Sabrang yang menjadi dalang dari semua kejadian
yang dialami Darus. Dari mulai praunya yang hilang, tiba-tiba Sabrang datang
menolongnya dan menyuruhnya membawa payal karena dia akan menemui kejadian yang
tak terkira.
Kernel :
Darus masuk kebun kelapa untuk memburu Sabrang.
Sekuen 42 :
Dengan keadaan yang galau, Darus melangkah menuju makam orang tuanya dipojok
desa.
Kernel :
Sesampainya disana Darus memeluk erat dan menangis dibatu nisan ibunya.
Kernel :
Darus melepas dekapannya saat mendengar suara adzan Subuh.
Sekuen 43 :
Darus mendengar bisikan-bisikan aneh.
Kernel :
Darus dibisiki untuk segera bertobat .
Kernel :
Darus sadar akan kesalahan-keslahannya.
Kernel :
Darus pulang kerumah, kepangkuan anak istri yang masih menantikan kehadirannya.
B.
Urutan Logis
1. Darus
Sekuen
1 : Darus dan Rejeb berencana
pergi melaut mencari udang dan ikan.
Kernel : Darus merasa cuaca sangat panas.
Kernel : Darus dan Rejeb berfikir kalau
melaut menggunakan cantrik sudah kurang efektif kalah saing dengan penyelam dan
kapal-kapal besar Cina.
Sekuen
2 : Darus dan Rejeb sampai di
laut.
Kernel : Darus dan Rejeb bernyanyi untuk
menghibur diri.
Sekuen
3 : Darus dan Rejeb sampai di
sebuah pulau tempat mencari udang.
Sekuen
4 : Darus teringat keluarganya
yang sedang menantikan hasil melautnya.
Kernel : Darus teringat masa-masa
kelahiran Layarini, anaknya.
Sekuen 6 :
Darus dan Rejeb pulang kembali kerumah.
Kernel :
Selama diperjalanan Darus bertemu dengan Goan Jie, Cina dari Surabaya.
Sekuen 7 :
Darus sampai dirumahnya.
Kernel :
Darus memanggil istri dan anaknya tapi tidak ada jawaban.
Kernel :
Darus menemukan Nikmah, istrinya yang sedang menangis.
Satelite :
Darus diberi tahu Nikmah bahwa Layarini dibawa pergi oleh kakeknya.
Satelite :
Darus diberi tahu bahwa Nikmah teringat ibunya yang sudah lama meninggal.
Sekuen 9 :
Darus mandi untuk menghilangkan bau laut.
Sekuen 11 :
Darus berencana pergi kerumah Rejeb untuk menghitung udang hasil melautnya.
Kernel :
Ditengah perjalanan Darus teringat keluarganya Nikmah.
Satelite :
Darus teringat cerita Nikmah saat ayah kandungnya, difitnah dan dibunuh Rabun.
Yang kemudian Rabun memperistri ibunya Nikmah. Tidak lama kemudian sang ibupun
meninggal karena sifat kasar Rabun.
Sekuen 12 :
Darus sampai dirumah Rejeb.
Sekuen 13 :
Darus dan Rejeb berangkat melaut dengan menggunakan prau mancung.
Kernel :
Darus meninggalkan Nikmah yang tertidur dirumah.
Kernel :
Darus juga meninggalkan Layarini yang sedang bermain dengan kakeknya.
Sekuen 19 :
Darus dan Rejeb sampai di pulau yang sedang kekeringan karena kemarau.
Kernel :
Darus merasa kuatir dengan istrinya yang dirumah.
Kernel :
Darus mendengar Rejeb yang sedang bersyair di balik pohon Lamtara.
Satelite :
Darus mendatangi arah datangnya suara.
Sekuen 20 :
Darus dan Rejeb menyelam mencari udang menggunakan payal.
Kernel :
Darus dan Rejeb muncul kepermukaan dengan membawa udang sembari kedinginan
karena hembusan angin yang kencang.
Satelite :
Darus mengikat udangnya pada sebuah tali.
Sekuen 21 :
Darus mendengar suara kapal motor ditengah suara ombak yang menggelegar.
Satelite :
Darus ketakutan karena menyangka itu adalah kapal setan.
Sekuen 22 :
Darus naik kepulau.
Sekuen 23 :
Darus mengetahui kalau mereka kehilangan kapal mancungnya.
Kernel :
Darus kebingungan dan segera mencari bantuan kapal yang lewat, tapi tak ada
kapal lainyang terlihat.
Kernel :
Darus beranggapan bahwa ada yang mensabotase kapal mereka.
Satelite :
Darus mendapat laporan dari Rejeb bahwa ada yang sengaja memotong tali prau
mereka.
Sekuen 25 :
Ditengah sunyinya malam Darus membakar udang untuk mengusir rasa lapar dan
dingin.
Kernel :
Darus berbincang soal nasibnya tanpa prau mancung lagi.
Satelite :
Darus merasa dia harus menjadi kuli di kapal-kapal besar demi menyambung hidup.
Sekuen 26 :
Darus yang kedinginan dihampiri Sabrang yang membawa kapal motor.
Kernel :
Darus teriak minta tolong kepada Sabrang dari pulau.
Kernel :
Darus ditolong Sabrang.
Kernel :
Darus mendapat pesan dari Sabrang bahwa
dia akan menemukan hal yang tak terduga dirumahnya.
Sekuen 27 :
Darus melihat Nikmah yang akan diperkosa Goan Jie.
Kernel :
Darus melihat Nikmah nangis ketakutan sambil meronta-ronta.
Kernel :
Darus merasa marah sekali melihat hal tersebut.
Satelite :
Darus menggenggam payalnya dengan kuat.
Kernel :
Darus mendengar Goan Jie mengatakan bahwa dia kesepian sehingga melakukan hal
tersebut kepada Nikmah.
Sekuen 28 :
Karena tidak tahan lagi, Darus langsung merangsek masuk kedalam rumah dan
seketika itu membunuh Goan Jie dengan payal yang dibawanya.
Kernel :
Darus menghujamkan payal tersebut dileher dan dada Goan Jie.
Sekuen 29 :
Darus keluar rumah menuju kebun kelapa memburu Rabun dengan membawa payal yang
berlumuran darah.
Kernel :
Darus didatangi Rejeb dan Kamituwa desa Cengkrong.
Kernel :
Darus dibujuk Rejeb untuk tidak melanjutkan niatnya dan supaya segera pulang
karena sudah ditunggu anak istrinya.
Satelite :
Sebelum pulang Darus hendak menyerahkan diri ke pihak yang berwajib.
Sekuen 31 :
Enam bulan kemudian, Darus kembali ke desa Sunglon untuk rekonstruksi kejadian
waktu itu.
Kernel :
Darus ditonton banyak sekali masyarakat yang ingin tahu kejadian yang
menyeretnya ke gelapnya penjara.
Kernel :
Sebelum pulang ke penjara Darus ditangisi anak istrinya yang seakan tidk rela
Darus kembali ke penjara.
Satelite :
Darus berpesan agar Nikmah menjaga Layarini dengan baik.
Sekuen 32 :
Darus dan teman-teman senasibnya dipenjara sedang bersendau gurau.
Sekuen 33 :
Darus meminta Kiman untuk memijitnya.
Kernel :
Darus teringat Nikmah yang minggu kemarin menjenguknya.
Satelite :
Darus diberi tahu Nikmah kalau Rini sedang sakit.
Satelite :
Darus merasa sangat kuatir.
Sekuen 34 :
Darus dipanggil sipir penjara untuk segera ke kantor.
Kernel :
Darus mengikuti sipir ke kantor.
Sekuen 35 :
Di kantor Darus bertemu dengan Pak Sulaiman kepela LP.
Kernel :
Darus disuruh Pak Sulaiman untuk segera mengemasi barang-barangnya karena Darus
mendapat remisi dan besok sudah bisa pulang.
Satelite :
Darus sangat senang mendengar hal itu.
Kernel :
Darus mendapat ucapan selamat dari Pak Suja’i dari bagian pembinaan agama.
Sekuen 36 :
Darus meninggalkan halaman LP keesokan harinya setelah mengurus surat-suratnya
di kantor.
Kernel :
Darus melambaikan tangan seolah memberi salam kepada teman-temannya yang masih
berada di LP.
Sekuen 37 :
Darus sampai di depan rumahnya saat bedug maghrib di masjid Watulima
berkumandang.
Kernel :
Darus memandangi pintu rumahnya sambil membayangkan betapa senang anak istrinya
melihat dia pulang.
Sekuen 38 :
Darus mengintip kedalam dari lubang bilik rumahnya.
Kernel :
Karena terlihat sepi, Darus memanggil Nikmah untuk membukakan pintu.
Kernel :
Darus tidak mendapati jawaban dari dalam rumah.
Kernel :
Darus merasa ada yang tidak benar, diapun teringat kejadian saat Goan Jie
hampir memerkosa istrinya.
Sekuen 39 :
Darus yang tak sabar lagi karena tak kunjung dapat balasan dari sang istri
langsung mendobrak pintu rumanya.
Kernel :
Dari kegelapan Darus melihat seorang laki-laki yang meloncat keluar dari
rumahnya.
Kernel :
Darus marah dan bertanya kepada Nikmah siapa laki-laki tersebut.
Satelite :
Darus tidak mendapatkan jawaban dari Nikmah.
Satelite :
Darus hanya mendapat jawaban dari Nikmah bahwa laki-laki itu yang membantu
Nikmah membayar biaya berobat Rini.
Sekuen 40 :
Darus diantar Nikmah menemui Rini yang sedang bergelut dengan maut di meja
operasi.
Kernel :
Darus masih saja mendesak Nikmah untuk mengatakan siapa yang masuk kedalam
rumahnya.
Kernel :
Darus terlihat sangat shock mendengar
hal tersebut.
Kernel :
Darus yang kalap meninggalkan Nikmah.
Sekuen 41 :
Darus sadar bahwa selama ini Sabrang yang menjadi dalang dari semua kejadian
yang dialami Darus. Dari mulai praunya yang hilang, tiba-tiba Sabrang datang
menolongnya dan menyuruhnya membawa payal karena dia akan menemui kejadian yang
tak terkira.
Kernel :
Darus masuk kebun kelapa untuk memburu Sabrang.
Sekuen 42 :
Dengan keadaan yang galau, Darus melangkah menuju makam orang tuanya dipojok
desa.
Kernel :
Sesampainya disana Darus memeluk erat dan menangis dibatu nisan ibunya.
Kernel :
Darus melepas dekapannya saat mendengar suara adzan Subuh.
Sekuen 43 :
Darus mendengar bisikan-bisikan aneh.
Kernel :
Darus dibisiki untuk segera bertobat .
Kernel :
Darus sadar akan kesalahan-keslahannya.
Kernel :
Darus pulang kerumah, kepangkuan anak istri yang masih menantikan kehadirannya.
2. Nikmah
Sekuen 7 :
-
Kernel :
Nikmah dipanggil Darus tapi tidak menjawabnya
Kernel :
Nikmah sedang menangis.
Satelite :
Nikmah memberi tahu Darus bahwa Layarini dibawa pergi oleh kakeknya.
Satelite :
Nikmah teringat ibunya yang sudah lama meninggal.
Sekuen 10 :
Nikmah mengajak tidur Layarini.
Sekuen
13 : -
Kernel :
Nikmah ditinggal Darus yang tertidur dirumah ditinggal Darus.
Satelite 14 :
-
Kernel :
Nikmah dipaksa Rabun untuk meninggalkan Darus.
Sekuen 15 :
-
Kernel :
Nikmah yang dalam keadaan menangis menyusul Rabun untuk segera pulang.
Sekuen 16 :
Ditengah kebun kelapa Nikmah memarahi Rabun karena telah menjualnya ke Goan
Jie.
Kernel :
Nikmah yang sedang nangis ditinggal Rabun ditengah kebun kelapa.
Sekuen 17 :
Nikmah kembali pulang.
Kernel :
Dalam perjalanan Nikmah melihat Goan Jie menuju pesisir.
Sekuen 18 :
Setelah dirumah, Nikmah kembali dibujuk Rabun agar mau menikah dengan Goan Jie.
Kernel :
Nikmah menolak tawaran Rabun karena dia masih mencintai Darus.
Kernel :
Nikmah yang sedang menangis ditinggal Rabun digubugnya.
Sekuen 27 :
Nikmah yang akan diperkosa Goan Jie.
Kernel :
Nikmah nangis ketakutan sambil meronta-ronta.
Sekuen 31 :
-
Kernel :
Nikmah menangisi Darus sebelum pulang ke penjara seakan tidak rela Darus
kembali ke penjara.
Satelite :
Nikmah dipesani Darus agar menjaga Layarini dengan baik.
Sekuen 33 :
-
Kernel :
Nikmah menjenguk Darus minggu kemarin.
Satelite :
Nikmah mengabari Darus kalau Rini sedang sakit.
Sekuen 38 :
-
Kernel :
Karena terlihat sepi, Nikmah dipanggil Darus untuk membukakan pintu.
Sekuen 39 :
-
Kernel :
Nikmah ditanya Darus yang sedang marah tentang siapa laki-laki tersebut.
Satelite :
Nikmah tidak menjawab.
Satelite :
Nikmah hanya menjawab bahwa laki-laki itu adalah orang yang membantu Nikmah
membayar biaya berobat Rini.
Sekuen 40 :
Nikmah mengantar Darus menemui Rini yang sedang bergelut dengan maut di meja
operasi.
Kernel :
Sesampainya disana, Nikmah mendapat kabar dari dokter bahwa Rini sudah melewati
masa-masa kritis.
Kernel :
Nikmah masih saja didesak Darus untuk mengatakan siapa yang masuk kedalam
rumahnya.
Satelite :
Akhirnya Nikmah mengaku bahwa Sabranglah yang masuk kerumahnya.
Kernel :
Nikmah melihat Darus sangat shock
mendengar hal tersebut.
Kernel :
Nikmah ditinggalkan Darus yang kalap.
3. Rabun/Kuwara
Sekuen 7 :
-
Satelite :
Rabun membawa Layarini cucunya.
Sekuen 8 :
Rabun kembali kerumah.
Kernel :
Rabun menarik Rini yang hendak menghampiri bapaknya.
Sekuen 9 :
-
Satelite :
Rabun memfitnah ayah kandung Nikmah. Yang kemudian Rabun memperistri ibunya
Nikmah. Tidak lama kemudian sang ibupun meninggal karena sifat kasar Rabun.
Sekuen 13 :
-
Kernel :
Rabun dan Rini yang sedang bermain ditinggal Rabun melaut.
Satelite 14 :
Rabun masuk kedalam rumah.
Kernel :
Rabun memaksa Nikmah untuk meninggalkan Darus.
Sekuen 15 :
Rabun pergi mencari Goan Jie ditempat anak buah Goan Jie yang sedang mabuk-mabukan.
Kernel :
Rabun ditawari whisky asli dari Hongkong oleh Sabrang.
Kernel :
Awalnya Rabun menolak, tapi akhirnya dia mau.
Kernel :
Rabun disusul Nikmah yang dalam keadaan menangis untuk segera pulang.
Sekuen 16 :
Ditengah kebun kelapa Rabun dimarahi Nikmah karena telah menjualnya ke Goan
Jie.
Kernel :
Rabun membela diri, dia beralasan bahwa uang yang dia terima akan diserahkan
kepada Nikmah semua.
Kernel :
Rabun meninggalkan Nikmah yang sedang nangis ditengah kebun kelapa.
Sekuen 18 :
Setelah dirumah, Rabun kembali membujuk Nikmah agar mau menikah dengan Goan
Jie.
Kernel :
Rabun menjanjikan kekayaan jika menikah dengan Goan Jie.
Kernel :
Tawaran Rabun ditolak Nikmah karena dia masih mencintai Darus.
Kernel :
Rabun marah mendengar ucapan Nikmah.
Kernel :
Rabun menunggalkan Nikmah yang sedang menangis digubugnya.
Satelite :
Rabun membawa Rini dengan menggendongnya.
Sekuen 29 :
Rabun diburu Darus yang keluar rumah menuju kebun kelapa dengan membawa payal
yang berlumuran darah.
4. Rejeb
Sekuen 1 :
Rejeb berencana pergi melaut mencari udang dan ikan.
Kernel :
Rejeb berfikir kalau melaut menggunakan cantrik sudah kurang efektif kalah
saing dengan penyelam dan kapal-kapal besar Cina.
Sekuen 2 :
Rejeb sampai di laut.
Kernel :
Rejeb bernyanyi untuk menghibur diri.
Sekuen 3 :
Rejeb sampai di sebuah pulau tempat mencari udang.
Sekuen 5 :
Rejeb menyelam kelaut untuk menangkap udang.
Kernel :
Rejeb yang sudah didalam air kemudian disusul Darus.
Kernel :
Rejeb kembali ke pulau melewati rerumputan dengan membawa banyak udang.
Sekuen 6 :
Rejeb pulang kembali kerumah.
Kernel :
Selama diperjalanan Rejeb bertemu dengan Goan Jie, Cina dari Surabaya.
Sekuen 13 :
Rejeb berangkat melaut dengan menggunakan prau mancung.
Sekuen 19 :
Rejeb sampai di pulau yang sedang kekeringan karena kemarau.
Kernel :
Rejeb sedang bersyair di balik pohon Lamtara.
Sekuen 20 :
Rejeb menyelam mencari udang menggunakan payal.
Kernel :
Rejeb muncul kepermukaan dengan membawa udang sembari kedinginan karena
hembusan angin yang kencang.
Sekuen 21 :
Rejeb mendengar suara kapal motor ditengah suara ombak yang menggelegar.
Kernel :
Rejeb melihat kapal tanpa muatan ditengah lautan yang kian mendekat.
Satelite :
Rejeb ketakutan karena menyangka itu adalah kapal setan.
Sekuen 22 :
Rejeb naik kepulau.
Kernel :
Rejeb menggulung tali majunnya.
Sekuen 23 :
-
Kernel :
Rejeb kebingungan dan segera mencari bantuan kapal yang lewat, tapi tak ada
kapal lainyang terlihat.
Sekuen 24 :
Rejeb mencari tahu tentang hilangnya prau mereka.
Kernel :
Rejeb berulang kali menyelam mencari tambang yang digunakan untuk mengikat
praunya.
Satelite :
Rejeb bilang kepada Darus bahwa ada yang sengaja memotong tali prau mereka.
Sekuen 25 :
Ditengah sunyinya malam Darus dan Rejeb membakar udang untuk mengusir rasa
lapar dan dingin.
Kernel :
Rejeb berbincang soal nasibnya tanpa prau mancung lagi.
Satelite :
Rejeb tidak setuju dengan Darus karena dia akan menjual sapi ayahnya untuk
membeli prau mancung lagi.
Sekuen 26 :
Rejeb yang kedinginan dihampiri Sabrang yang membawa kapal motor.
Kernel :
Rejeb ditolong Sabrang.
Kernel :
Rejeb dan Kamituwa desa Cengkrong mendatangi Darus.
Kernel :
Rejeb membujuk Darus untuk tidak melanjutkan niatnya dan supaya segera pulang
karena sudah ditunggu anak istrinya.
5. Layarini/Rini
Sekuen 7 :
-
Kernel :
Rini tidak menjawab panggilan bapaknya.
Satelite :
Layarini dibawa pergi oleh kakeknya.
Sekuen 8 :
Layarini dan kakeknya kembali kerumah.
Kernel :
Layarini menghampiri bapaknya, tapi ditarik oleh kakeknya.
Sekuen 10 :
Layarini diajak tidur Nikmah.
Sekuen 13 :
-
Kernel :
Layarini yang sedang bermain dengan kakeknya ditinggal Darus melaut.
Sekuen 17 :
Rini kembali pulang.
Sekuen 18 :
-
Satelite :
Rini digendong Rabun.
Sekuen 31 :
-
Kernel :
Rini menangisi Darus sebelum pulang ke penjara seakan tidak rela Darus kembali
ke penjara.
Sekuen 33 :
-
Satelite :
Rini sedang sakit.
Sekuen 40 :
Rini yang sedang bergelut dengan maut di meja operasi ditemui Darus dan Nikmah.
Kernel :
Rini sudah melewati masa-masa kritis.
Kernel :
Darus masuk kebun kelapa untuk memburu Sabrang.
6. Sabrang
Sekuen 15 :
Sabrang sedang mabuk-mabukan.
Kernel :
Sabrang menawari Rabun whisky asli dari Hongkong.
Sekuen 26 :
Sabrang yang membawa kapal motor datang menghampiri Darus dan Rejeb yang
kedinginan.
Kernel :
Sabrang dimintai tolong Darus yang teriak dari pulau.
Kernel :
Sabrang menolong Darus dan Rejeb.
Kernel :
Sabrang berpesan pada Darus bahwa dia akan menemukan hal yang tak terduga
dirumahnya.
Sekuen 39 :
-
Kernel :
Seorang laki-laki (Sabrang) meloncat keluar dari rumah Nikmah saat Darus
memergokinya.
Sekuen 41 :
Sabrang yang menjadi dalang dari semua kejadian yang dialami Darus. Dari mulai
praunya yang hilang, tiba-tiba Sabrang datang menolongnya dan menyuruhnya
membawa payal karena dia akan menemui kejadian yang tak terkira.
Kernel :
Sabrang diburu Darus yang masuk ke kebun kelapa.
7. Goan
Jie
Sekuen 6 :
-
Kernel :
Goan Jie, Cina dari Surabaya bertemu dengan Darus dan Rejeb diperjalanan.
Sekuen 17 :
-
Kernel :
Goan Jie menuju pesisir.
Sekuen 27 :
Goan Jie berusaha memperkosa Nikmah.
Kernel :
Goan Jie berkata bahwa dia kesepian sehingga melakukan hal tersebut kepada
Nikmah.
Sekuen 28 :
Goan Jie dibunuh Darus yang emosi menggunakan payal yang digenggamnya.
Kernel :
Leher dan dada Goan Jie dihujam payal oleh Darus.
8. Ibunya
Nikmah
Sekuen 11 :
-
Satelite :
Ibunya Nikmah dinikahi Rabun. Tidak lama kemudian sang ibupun meninggal karena
sifat kasar Rabun.
9. Kadarman
(ayah Nikmah)
Sekuen 11 : -
Satelite :
Kadarman difitnah dan dibunuh Rabun demi mendapatkan Ibunya Nikmah.
10. Pak
Kamituwa
Sekuen 29 : -
Kernel :
Kamituwa desa Cengkrong mendatangi Darus yang sedang kalap.
11. Kimankera
Sekuen
33 : Kiman diminta Darus untuk
memijitnya.
12. Godril
dan Tawi Brewok
Sekuen
32 : Godril, Tawi Brewok dan Darus sedang
bersendau gurau dipenjara.
13. Pak
Sulaiman
Sekuen 35 : Pak Sulaiman kepela LP menemui Darus di
kantornya.
Kernel : Pak Sulaiman menyuruh Darus untuk
segera mengemasi barang-barangnya karena Darus mendapat remisi dan besok sudah
bisa pulang.
14. Pak
Suja’i
Sekuen 35 : -
Kernel : Pak Suja’i dari bagian pembinaan
agama mengucapkan selamat kepada Darus.
15. Sipir
Penjara
Sekuen
34 : Sipir penjara memanggil Darus untuk
segera ke kantor.
Kernel : Sipir penjara diikuti Darus
menuju kekantor.
C. ALUR KRONOLOGIS
Pada novel Ombak
Sandyakalaning ini menganut satu alur, yanki alur maju.
Sekuen1 : Darus dan rejeb berencana pergi ke laut mencari ikan
Sekuen2 : Darus dan rejeb sampai di laut
Sekuen3 : Darus dan rejeb sampai dipulau
Sekuen4 : Darus teringat keluarganya yang menantikan hasil
tangkapan ikan darinya
Sekuen5 : Rejeb menyelam kelaut untuk mencari udang
Sekuen6 : Darus dan rejeb kembali kerumah dengan membawa banyak
udang
Sekuen7 : Darus dan rejeb sampai dirumah
Sekuen8 : Darus sampai dirumahnya
Sekuen9 : Darus menemukan istrinya sedang menangis
Sekuen10 : Nikmah teringat dengan ibunya yang sudah lama meninggal
Sekuen11 : Layarini dan kakeknya kembali kerumahnya
Sekuen12 : Darus mandi untuk menghilangkan bau laut yang melekat
Sekuen13 : Nikmah mengajak tidur si Laayarini
Sekuen14 : Darus berencana pergi kerumahnya rejeb untuk
menghitung-hitung udang hasil tangkapan mereka
Sekuen15 : Darus sampai dirumahnya rejeb dipinggir dukuh
Sekuen16 : Darus lan rejeb berangkat untuk melaut
Sekuen17 : Ayah tirinya Nikmah masuk keruhnya Nikmah dan bertanya pada
Nikmah apakan sudah yakin pernikahan mereka dan apakah sudah sesuai yang
diinginkan oleh Nikmah
Sekuen18 : Nikmah menganggap walau mereka hidup dalam kemiskinan dan
dilanda kekurangan, Nikmah mengaku pernikahannya bersama Darus adalah
peninggalan yang masih ada dari almarhum ibunya.
Sekuen19 : Kuwara (ayah tirinya Nikmah) pergi meninggalkan rumah
Sekuen19 : Nikmah masuk kedalam tempat pesta tersebut
Sekuen20 : Kuwara membujuk Nikmah untuk meninggalkan darus dan menvari
sosok baru yang dapat membuat dirinya sehat lahir maupun batin, dalam hal materiil mapun
nonmaterial.
Sekuen21 : Nikmah merasa bahwa dirinya sudah diperjualkan kepada Koh
Jie yang mana Kuwara sebagai perantaranya
Sekuen21 : Darus lan Rejeb tiba di pantai dan bersiap-siap mencari
udang
Sekuen23 : Rejeb sudah memanjer atau mengikat praunya dengan kencang
pada bebatuan yang ada disitu
Sekuen24 : Rejeb menyelam kedalam laut dan mencari udang
Sekuen25 : Darus bercerita kepada rejeb, betapa susahnya hidup yang
dialaminya
Sekuen26 : Rejeb melihat sesuatu yang aneh ada digulungan ombak yang
semakin besar
Sekuen27 : Rejeb masih tidak percaya bahwa praunya untuk mencari ikan
telah lenyap karena gerakan ombak, karena dia yakin praunya tidak akan goyah
meskipun dihamtam oleh ombak yang kencvang sekalipun
Sekuen28 : Rejeb yakin bahwa tali praunya diputus oleh seseorang
Sekuen29 : Darus mendengar suara mesin diesel yang menandakan bahwa
ada seorang yang mungkin bisa membawa mereka pulang.
Sekuen30 : Darus dan Rejeb sampai di Pantai.
Sekuen31 :
Darus sampai didepan rumahnya.
Sekuen32 : Darus yang terbawa nafsu setan berlari mengejar Rabun (ayah
Nikmah) yang sudah berusaha menjual anaknya ke Goan Jie.
Sekuen33 : dari semak-semak, Rejeb bersama warga memanggil Darus.
Sekuen34 : Rejeb dan Darus beserta Kepala Dukuh pergi menuju rumahnya
Darus.
Sekuen35 : Setahun Darus berada di lembaga permasyarakatan (LP)
Sekuen36 : Nikmah menjenguk Darus di LP.
Sekuen37 : Tujuh tahun berlalu, Darus dipanggil oleh kepala LP.
Sekuen38 : Darus berjalan menuju Rumahnya.
Sekuen39 : Darus sampai didepan rumahnya.
Sekuen40 : Nikmah meminta maaf kepada Darus
Sekuen41 : Nikmah cerita bahwa Layarini sedang berada diRumah Sakit
Sekuen42 : Darus Keluar dari rumah
Sekuen43 : Darus pergi ke Makam kedua-orangtuanya
2. ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHAN
A. TOKOH-TOKOH
Ø Darus : Tokoh Utama (Suaminya
Nikmah)
Ø Rejeb : Saudaranya Darus
Ø Nikmah : Istrinya Darus
Ø Kuwara : Ayah tirinya Nikmah
Ø Layarini : Anaknya Darus dan Nikmah
Ø Koh Goan Jie : Cina, pengusaha
kaya asal Surabaya
Ø Sabrang : Anak buah Goan Jie
Ø Kadarman : Ayah Nikmah (meninggal)
Ø Ibunya Nikmah : Ibunya Nikmah (meninggal)
Ø Kimankera dan teman : Temannya Darus waktu di LP
Ø Pak Sulaiman : Kepala LP tempat
Darus ditahan
Ø Pak Suja’I : Kepala
pembinaan agama di LP
B. PENOKOHAN BERDASARKAN TOKOH UTAMA
PROTAGONIS
-
Nikmah
-
Rejeb
-
Layarini
-
Pak Sulaiman
-
Pak Suja’i
-
Pak Kamituwa
-
Ibunya Nikmah
-
Kadarman
-
Godril
-
Tawi
-
Kimankera
Darus
ANTAGONIS
-
Rabun
-
Sabrang
-
Goan Jie
TOKOH
NETRAL
-
Sipir Penjara
A.
DARUS
Darus à Nikmah :
berani berbuat apa saja demi keluarganya, baik.
Darus à Rejeb : baik, setia kawan,
perhatian
Darus à Layarini : manja, sangat saying, polos
Darus à Pak Sulaiman : baik, ramah
Darus à Pak Suja’i : baik, ramah
Darus à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan kehendak
Darus à Ibunya Nikmah : baik hati
Darus à Kadarman : baik hati
Darus à Godril : baik, setia kawan
Darus à Tawi : baik, setia kawan
Darus à Kimankera : baik, setia kawan
Darus à Rabun : jahat, licik, picik, curang,
bagaikan iblis
Darus à Sabrang : licik,dendam, penghianat, pembohong
Darus à Goan Jie : jahat
Darus à Sipir Penjara : baik
B. Nikmah
Nikmah à Darus :
baik, bertangung jawab
Nikmah à Rejeb : baik, setia kawan
Nikmah à Layarini : manja, sangat saying, polos
Nikmah à Pak Sulaiman : baik, ramah
Nikmah à Pak Suja’i : baik, ramah
Nikmah à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan kehendak
Nikmah à Ibunya Nikmah : baik hati
Nikmah à Kadarman : baik hati
Nikmah à Godril : baik
Nikmah à Tawi : baik
Nikmah à Kimankera : baik
Nikmah à Rabun : jahat, licik, picik,
curang, bagaikan iblis, suka memaksa
Nikmah à Sabrang : jahat tapi juga berjasa
Nikmah à Goan Jie : jahat
Nikmah à Sipir Penjara : baik
C. Rejeb
Rejeb à Nikmah :
berani berbuat apa saja demi keluarganya, baik.
Rejeb à Darus : baik, setia kawan, perhatian
Rejeb à Layarini : polos
Rejeb à Pak Sulaiman : baik, ramah
Rejeb à Pak Suja’i : baik, ramah
Rejeb à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan kehendak
Rejeb à Ibunya Nikmah : baik hati
Rejeb à Kadarman : baik hati
Rejeb à Godril : baik, setia kawan
Rejeb à Tawi : baik, setia kawan
Rejeb à Kimankera : baik, setia kawan
Rejeb à Rabun : jahat, licik, picik, curang,
bagaikan iblis
Rejeb à Sabrang : licik, curang, penghianat,
pembohong
Rejeb à Goan Jie : jahat
Rejeb à Sipir Penjara : baik
D. Layarini/Rini
Layarini à Nikmah :
sayang, baik hati.
Layarini à Rejeb : baik
Layarini à Darus : bertanggung jawab, baik
Layarini à Pak Sulaiman : baik, ramah
Layarini à Pak Suja’i : baik, ramah
Layarini à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan kehendak
Layarini à Ibunya Nikmah:
baik hati
Layarini à Kadarman : baik hati
Layarini à Godril : baik
Layarini à Tawi : baik
Layarini à Kimankera : baik
Layarini à Rabun : baik,
sayang
Layarini à Sabrang : jahat
Layarini à Goan Jie : jahat
Layarini à Sipir Penjara : baik
E. Rabun
Rabun à Nikmah :
keras kepala, membangkang
Rabun à Rejeb : benci
Rabun à Layarini : sangat
sayang
Rabun à Pak Sulaiman : baik
Rabun à Pak Suja’i : baik
Rabun à Pak Kamituwa : tidak memaksakan kehendak
Rabun à Ibunya Nikmah : cinta
Rabun à Kadarman : benci
Rabun à Godril : setia kawan
Rabun à Tawi : setia kawan
Rabun à Kimankera : setia kawan
Rabun à Darus :
benci, menghalangi niatnya
Rabun à Sabrang : baik
Rabun à Goan Jie : baik,
dermawan
Rabun à Sipir Penjara : baik
F. Goan Jie
Goan Jie à Nikmah :
keras kepala, membangkang
Goan Jie à Rejeb : benci
Goan Jie à Layarini : baik
Goan Jie à Pak Sulaiman : baik
Goan Jie à Pak Suja’i : baik
Goan Jie à Pak Kamituwa : tidak memaksakan kehendak
Goan Jie à Ibunya Nikmah :baik
Goan Jie à Kadarman : benci
Goan Jie à Godril : setia kawan
Goan Jie à Tawi : setia kawan
Goan Jie à Kimankera : setia kawan
Goan Jie à Darus :
benci, menghalangi niatnya
Goan Jie à Sabrang : baik,
penghianat
Goan Jie à Rabun :
baik
Goan
Jie à Sipir Penjara : baik
G. Sabrang
Sabrang à Nikmah :
diam-diam mencintai
Sabrang à Rejeb : benci
Sabrang à Layarini : baik
Sabrang à Pak Sulaiman : baik
Sabrang à Pak Suja’i : baik
Sabrang à Pak Kamituwa : tidak memaksakan kehendak
Sabrang à Ibunya Nikmah : baik
Sabrang à Kadarman : benci
Sabrang à Godril : setia kawan
Sabrang à Tawi : setia kawan
Sabrang à Kimankera : setia kawan
Sabrang à Darus :
benci, dendam
Sabrang à Darus :
tidak baik
Sabrang à Rabun :
baik
Sabrang
à Sipir Penjara : baik
H. Kadarman
Kadarman à Darus :
baik, bertangung jawab
Kadarman à Rejeb : baik, setia kawan
Kadarman à Layarini : manja, sangat saying, polos
Kadarman à Pak Sulaiman : baik, ramah
Kadarman à Pak Suja’i : baik, ramah
Kadarman à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan kehendak
Kadarman à Ibunya Nikmah : baik hati
Kadarman à Nikmah : baik hati
Kadarman à Godril : baik
Kadarman à Tawi : baik
Kadarman à Kimankera : baik
Kadarman à Rabun : jahat, licik, picik, curang,
bagaikan iblis, suka memaksa
Kadarman à Sabrang : jahat
tapi juga berjasa
Kadarman à Goan Jie : jahat
Kadarman à Sipir Penjara : baik
I.
Ibunya Nikmah
Ibunya Nikmah à Nikmah :
menyayangi,peduli,cinta.
Ibunya Nikmah à Darus : baik, setia kawan, perhatian
Ibunya Nikmah à Layarini : polos
Ibunya Nikmah à Pak Sulaiman : baik, ramah
Ibunya Nikmah à Pak Suja’i : baik, ramah
Ibunya Nikmah à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan kehendak
Ibunya Nikmah à Rejeb : baik hati
Ibunya Nikmah à Kadarman : baik hati
Ibunya Nikmah à Godril : baik, setia kawan
Ibunya Nikmah à Tawi : baik, setia kawan
Ibunya Nikmah à Kimankera : baik, setia kawan
Ibunya Nikmah à Rabun : jahat, licik, picik, curang,
bagaikan iblis
Ibunya Nikmah à Sabrang : licik, curang, penghianat,
pembohong
Ibunya Nikmah à Goan Jie : jahat
Ibunya Nikmah à Sipir Penjara : baik
J. Pak Sulaiman
Pak Sulaiman à Darus :
baik, bertangung jawab
Pak Sulaiman à Rejeb : baik, setia kawan
Pak Sulaiman à Layarini : manja, sangat saying, polos
Pak Sulaiman à Pak Sulaiman : baik, ramah
Pak Sulaiman à Pak Suja’i : baik, ramah
Pak Sulaiman à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan kehendak
Pak Sulaiman à Ibunya Nikmah : baik hati
Pak Sulaiman à Nikmah : baik hati
Pak Sulaiman à Godril : baik
Pak Sulaiman à Tawi : baik
Pak Sulaiman à Kimankera : baik
Pak Sulaiman à Rabun : jahat, licik, picik,
curang, bagaikan iblis, suka memaksa
Pak Sulaiman à Sabrang : jahat tapi juga berjasa
Pak Sulaiman à Goan Jie : jahat
Pak Sulaiman à Sipir Penjara : baik
K. Kimankera
Kimankera à Darus :
baik, perhatian, setia kawan
Kimankera à Rejeb : baik,
setia kawan
Kimankera à Layarini : manja, polos
Kimankera à Pak Sulaiman : baik, ramah
Kimankera à Pak Suja’i : baik, ramah
Kimankera à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan
kehendak
Kimankera à Ibunya Nikmah : baik hati
Kimankera à Nikmah : baik hati
Kimankera à Godril : baik
Kimankera à Tawi : baik
Kimankera à Kimankera : baik
Kimankera à Rabun : jahat,
licik, picik, curang, bagaikan iblis,
suka memaksa
Kimankera à Sabrang : jahat tapi juga berjasa
Kimankera à Goan Jie : jahat
Kimankera à Sipir Penjara : baik
L. Godril
Godril à Darus :
baik, perhatian, setia kawan
Godril à Rejeb : baik, setia kawan
Godril à Layarini : manja, polos
Godril à Pak Sulaiman : baik, ramah
Godril à Pak Suja’i : baik, ramah
Godril à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan kehendak
Godril à Ibunya Nikmah : baik hati
Godril à Nikmah : baik hati
Godril à Kimankera : baik
Godril à Tawi : baik
Godril à Kimankera : baik
Godril à Rabun : jahat, licik, picik,
curang, bagaikan iblis, suka memaksa
Godril à Sabrang : jahat tapi juga berjasa
Godril à Goan Jie : jahat
Godril à Sipir Penjara : baik
M.
Tawi
Tawi à Darus :
baik, perhatian, setia kawan
Tawi à Rejeb : baik, setia kawan
Tawi à Layarini : manja, polos
Tawi à Pak Sulaiman : baik, ramah
Tawi à Pak Suja’i : baik, ramah
Tawi à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan kehendak
Tawi à Ibunya Nikmah : baik hati
Tawi à Nikmah : baik hati
Tawi à Kimankera : baik
Tawi à Godril : baik
Tawi à Kimankera : baik
Tawi à Rabun : jahat, licik, picik,
curang, bagaikan iblis, suka memaksa
Tawi à Sabrang : jahat tapi juga berjasa
Tawi à Goan Jie : jahat
Tawi à Sipir Penjara : baik
N.
Pak Suja’i
Pak Suja’i à Darus :
baik, bertanggung jawab
Pak Suja’i à Rejeb : baik, setia kawan
Pak Suja’i à Layarini : manja, polos
Pak Suja’i à Pak Sulaiman : baik, ramah
Pak Suja’i à Tawi : baik, ramah
Pak Suja’i à Pak Kamituwa : baik, tidak memaksakan kehendak
Pak Suja’i à Ibunya
Nikmah : baik hati
Pak Suja’i à Nikmah : baik hati
Pak Suja’i à Kimankera : baik
Pak Suja’i à Godril : baik
Pak Suja’i à Kimankera : baik
Pak Suja’i à Rabun : jahat, licik, picik, curang,
bagaikan iblis, suka memaksa
Pak Suja’i à Sabrang : jahat
tapi juga berjasa
Pak Suja’i à Goan Jie : jahat
Pak Suja’i à Sipir Penjara : baik
4. ANALISIS LATAR
A. LATAR TEMPAT
Pada novel Ombak Sandyakalaning ini berlatarkan suasana Pantai trenggalek Jawa
Timur dan Masyarakat berprofesi sebagai Nelayan.
Berikut cuplikan penggalan pada
bagian ketujuh yakni “mata payal”
……………………..
“kuwi
rak rancanganmu? Bisa uga kedadeyane liya, Darus!”
Wong
lanang Darus plenggamg-plenggong.
“Sapine
bapakku mesthi dak dol menyang pasar
Trenggalek, aku bakal tuku prau mancung.”………………….
Sekuen1 : Dirumahnya darus yang digambarkan seperti gubug, tidak
layaknya rumah.
Sekuen2 : Pesisir pantai yang panas
Sekuen3 : Pulau kecil disebrang pesisir
Sekuen6 : Rumahnya Darus
Sekuen7 : Rumahnya Rejeb yang berada dipinggir dusun
Sekuen19 : Warung desa yang isinya tempat minuman memabukkan dan
banyak pelacur
Sekuen33 : Semak-semak, layaknya kebun tebu
Sekuen35 : Lembaga permasyarakatan (LP) trenggalek
Sekuen43 : Pemakaman desa
B. LATAR WAKTU
Latar waktu pada novel ini
adalah suasana tahun 90’an, dimana digambarkan para nelayan yang mencari
tangkapan hanya bermodalkan perahu kecil atau sering disebut “canthik” ada juga yang menyebutnya jukung. Kehidupan sudah berjalan tanpa
penindasan karena waktu itu indoesia sudah merdeka. Kehidupan pantai di daerah
trenggalek – Jawa Timur tahun 90’an, itulah yang menjadikan latar waktu pada
novel ini.
C. LATAR SOSIAL
Latar sosial yang kental sekali
pada pada novel ini adalah suasana
perkampungan nelayan atau masyarakat nelayan yang keseharian mencari ikan,
udang maupun hasil laut dengan menggunakan kapal sederhana. Dari peralatan yang
mereka gunakan dalam mencari hasil laut ini, penganalisis menyimpulkan bahwa
kehidupan mereka masih minim. Dikatakan miskin tepatnya. Hal ini menjadikan
warga haus akan materi, hal ini digambarkan ketika ada seorang pengusaha kaya
yang datang kepantai dekat trenggalek ini yang bernama Goan Jie. Para warga
sekitar langsung menghampiri dan menjadikan dirinya sebagai anak buahnya. Karena
kekayaan yang dimiliki oleh Goan Jie ini terlampaui kayanya, sehingga kehidupan
anak buahnya sedikit lebih baik. Namun dibalik semua itu tersimpan niat
jahatnya yakni ingin memiliki dan
menguasai wilayah itu.
5. ANALISIS TEMA
Tema: Pembunuhan
Terdapat pada sekuen ke 28
Kutipan:
“Payal kanthi mata telu kuwi diangkat dhuwur, banjur diantemake gulune
wong lanang sing mekangkang mung nganggo kaos oblong loreng-loreng. Getih
sumembur mancur, glangsaran. Didudut saka tunjepane, diangkat maneh. Si kaos
oblong molet banjur ngemah, pener ing dhadha kecer ati mata payal kuwi tumancep
maneh saka tangan lanang sing kukuh.”
Terjemahan:
“Payal bermata tiga itu diangkat
tinggi, kemudian dipukulkan kearah leher lelaki yang terlentang yang hanya memakai
kaos oblong belang-belang. Semburan darah yang mancur amat banyak. Payal
dicabut kemudian diangkat lagi. Si kaos oblong jatuh tersungkur ketanah, payal
ditancapkan lagi oleh tangan lelaki yang kokoh itu.
Analisis:
Leher Goan Jie ditusuk payal
bermata tiga oleh Darus. Saat Goan Jie tersungkurpun Darus masih menghujamkan
payalnya. Hal tersebut menyebabkan Goan Jie mati dengan darah yang bercucuran.
Darus emosi karena melihat istrinya yang akan diperkosa Goan Jie.
6. ANALISIS SUDUT PANDANG
Sudut pandang pengarang pada novel “Ombak
Sandyakalaning” karya Tamsir AS yakni
orang ketiga “dia mahatahu”. Setelah membaca dan memahami isi cerita pada novel
ini penganalisis menemukan sudut pandang yang digunakan oleh pengarang,
“Mahatau” karena pengarang mengetahui semua yang terjadi pada tokoh-tokohnya,
mulai dari kehidupan, latar dan waktu terjadinya percakapan atupun kegiatan
yang berlasung. Tamsir AS seakaan-akan menceritak kehidupan diwilayahnya
sendiri, dimana Trenggalek adalah daerah yang dikenal oleh pengarang.
Cuplikan :
Darus ndangak
menyang srengenge. Wangsulane: “ Yen wis tumbuk awake dhewe melu prau jaring
wae Jeb, iwak-iwak jengkelong utawa layur wis gedhe-gedhe”
Terjemahannya
Darus menatap matahari yang panas, “Kalau kita sudah
tidak memiliki kapal jaring lagi Jeb, ikan-ikan juga sudah besar”
Pada cuplikan diatas
menggambarkan bahwa pengarang mengetahui secara detail apa yang sedang
dilakukan oleh tokoh-tokohnya.
Berawal
dari itu penganalisis menyimpulkan bahwa sudut pandang yang digunakan adalah
orang ketiga mahatau.
7. ANALISIS AMANAT
Novel Ombak
Sandyakalaning, memberikan banyak amanat yang dapat diambil. Diantaranya yakni
:
1. Sayangilah selalu keluargamu.
2. Jangan pernah permainkan
kesetiaan seseorang.
3. Emosi bisa membutakan nalar dan
hati.
4. Kesabaran pasti akan berbuah
manis.
5. Sahabat tidak hanya tempat kita
berbagi tawa tetapi juga sebagai tempat untuk menyandarkan hati karena duka.
6.
Kepercayaan
adalah dasar cinta yang sejati
7. Kita harus tetap berusaha dan
jangan pernah menyerah pada keadaan.
8. ANALISIS STILE/GAYA BAHASA
Novel Ombak
Sandyakalaning, banyak memberikan sentuhan gaya bahasa yang kental sekali.
Cuplikan 1
Nikmah
banjur klepat ninggalake papan kono, kabeh uwong mung bisa nyawangi sing mentas
teka lan sing ninggalake plataran omah mencil kana ...
Terjemahan
Nikmah seketika itu
meninggalkan tempat itu, semua orang hanya bisa memandang nikmah yang muncul
dari rumah disudut sana...
Pada cuplikan diatas, melibatkan pencintraan
pembaca yakni citraan penglihatan
Cuplikan 2
Beberapa tembang juga dimasukan
dalam novel ini sebagai aksen Jawa yang sangat dominan
Berikut tembang yang tercantum,
Banyu kali mili kena dibendung,
jajagana wates ing dhadha.
Pedhote tali kena disambung,
pedhote tresna katon ing mata.
Darus
noleh, mesem.
“Tenan
pa ?”
“Nggak
perlu dibuktekna kang Darus !
Mundhak-mundhak
ngremuk ati ing dhada !
Mulane
kang . . . .
Baita ngambang ing toya,
waspadakna bumi langite.
Ja siya bojo jaka-lara,
kelingana bibit kawite.
.........................................................................................................
Berdasarkan cuplikan
tembang-tembang yang tertera pada novel ini, penganalisis