Halaman

Kamis, 02 Agustus 2012

RPP Dialog


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan               :          SMP
Mata Pelajaran                       :          Basa Jawa
Kelas/Semester                        :          VII/1
Alokasi Waktu                        :         2X40 menit

Standar Kompetensi   :      Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
Kompetensi Dasar      :      Berdialog.
Indikator:                   
1.      Mampu berdialog kepada orang yang lebih tua dengan menggunakan unggah-ungguh yang benar.
2.      Mampu berdialog dengan lafal yang benar.
3.      Mampu berdialog dengan intonasi yang benar.
4.      Mampu berdialog dengan lancar.
5.      Mampu berdialog menggunakan diksi secara baik dan benar.
Tujuan:
1.      Siswa mampu berdialog kepada orang yang lebih tua dengan menggunakan unggah-ungguh yang benar.
2.      Siswa mampu berdialog dengan lafal yang benar.
3.      Siswa mampu berdialog dengan intonasi yang benar.
4.      Siswa mampu berdialog dengan lancar.
5.      Siswa mampu berdialog menggunakan diksi secara baik dan benar.


Materi :
-          Contoh rekaman pacelathon.
-          Slide tentang Berdialog dan unggah-ungguh.
Metode :
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Analisis kesalahan bahasa
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan Awal
1.    Guru memberikan apersepsi dengan memceritakan kebiasaan berpamitan.
“Cah ibu gadhah ponakan, saben mangkat sekolah utawa dolan dheweke kuwi mesthi pamit marang wong tuwane mawi basa krama. Lha saiki ibu arep takon, sapa sing yen arep mangkat sekolah utawa dolan pamitan marang wong tuwane? Kepriye anggonmu pamitan?”
Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
1.      Guru memutarkan rekaman pacelathon.
2.      Siswa menyimak rekaman yang diputarkan oleh guru.
3.      Guru dan siswa menganalisis rekaman yang telah disimak.
·         Elaborasi
1.      Siswa berpasangan dengan teman sebangku.
2.      Guru menyiapkan lima kotak dengan warna yang berbeda yang berisi pasangan peran yang akan diperankan.
3.      Masing–masing kelompok memilih satu kotak warna.
4.      Siswa diberi waktu 5 menit untuk berdiskusi.
5.      Guru menunjuk beberapa kelompok secara bergantian untuk memainkan perannya di depan kelas.
6.      Siswa lain menanggapi penampilan teman.
·         Konfirmasi
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar hari ini.
Kegiatan Akhir
Guru merefleksikan kegiatan yang tadi dilakukan oleh siswa.
Evaluasi
-       Teknik      :      proses
-       Bentuk     :      perbuatan
Instrument
Gawea Pacelathon miturut paraga ana ing ngisor iki, pilihen salah siji wae!
a.       Murid lan guru.
b.      Anak lan bapak.
c.       Pasien lan dhokter.
d.      Warga lan Pak Lurah.
Penilaian
Form penilaian untuk guru saat penilaian proses. Menggunakan skor 1-5
No.
Nama Siswa
Diksi
Kelancaran
Intonasi
Pelafalan







Mengetahui,                                                                Semarang, Maret 2012
Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas


                                                                                           
NIP                                                                              NIP