Halaman

Rabu, 11 Juli 2012

RPP menulis wacana argumentasi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan     : SMA
Kelas / Semester          : XII / 2
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Alokasi Waktu            :4 x 45 menit

Standar Kompetensi       : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.  
Kompetensi Dasar           : Menulis wacana argumentasi tentang budaya Jawa

Indikator :
1.     Mampu mengidentifikasi ciri-ciri wacana argumentasi
2.     Mampu memahami manfaat wacana argumentasi
3.     Mampu membuat wacana argumentasi dengan tema yang telah ditentukan
A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini diharapkan siswa dapat:
1.     Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri wacana argumentasi
2.     Siswa mampu memahami manfaat wacana argumentasi
3.     Siswa mampu membuat wacana argumentasi dengan tema yang telah ditentukan
B.     Materi Pokok / Pembelajaran
Foto tentang kebudayaan Jawa
C.    Metode Pembelajaran
a)      Ceramah
b)      Tanya jawab
c)      Diskusi
d)     pemodelan


D.    Langkah-langkah Pembelajaran
LANGKAH-LANGKAH
MEDIA
 I.              Kegiatan Awal :
1.      Guru melakukan apersepsi.
2.      Guru menjelaskan tentang wacana argumentasi.
3.      Guru menunjukkan sebuah foto tentang kebudayaan Jawa beserta wacana argumentasi yang benar tentang foto tersebut .
4.      Guru dan siswa bertanya jawab seputar wacana argumentasi yang belum dimengerti oleh siswa.
   II.          Kegiatan Inti :
5.      Guru bersama siswa membahas tata cara penulisan, pemilihan kata, keruntutan isi, dan EYD yang benar.
6.      Guru membagi menjadi empat kelompok besar.
7.      Guru menampilkan foto tentang kebudayaan Jawa.
8.      Guru membagi foto kepada masing-masing kelompok, sehingga tiap kelompok mendapat satu tema.
9.      Secara individu setiap siswa mengamati foto yang telah dibagikan.
10.  Siswa menuliskan argumentasi mereka tentang foto yang telah dibagikan.
11.  Perwakilan setiap kelompok maju kedepan kelas untuk memaparkan hasil kerja mereka.
12.  Siswa lain menanggapi hasil kerja teman yang maju kedepan dengan cara diskusi kelas.
13.  Selain mendiskusikannya, siswa yang tidak maju menuliskan tanggapan mereka dibawah hasil kerjanya.
14.  Semua siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
III.            Kegiatan Penutup :
15.  Guru bersama siswa merefleksi hasil pembelajaran pada waktu itu.
16.  Guru mengoreksi kembali pekerjaan siswa yang dikumpulkan.


I. Kegiatan awal:
1.  -
2. –
3. foto 1 dan wacana argumentasi
4. foto 1 dan wacana argumentasi
Kegiatan inti:
5. –
6. –
7. foto 2, 3, 4, dan 5
8. foto 2, 3, 4, dan 5
9. foto 2, 3, 4, dan 5
10. foto 2, 3, 4, dan 5
11. –
12. –
13. –
14. –
III. Kegiatan akhir
15. –
16. –

1.     
2.       

  
E.     Sumber Belajar
Materi yang dibuat oleh guru

F.     Penilaian Hasil Belajar
Praktek
Gawea wacan argumentasi miturut poto sing wis dibagi!
-     Pemberian nilai minimal 50 tertinggi 95.
No
Nama
Isi wacan
EYD
Jumlah
Rata-rata






           
 
  Mengetahui                                                           Semarang,  Juni 2013
 Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran



............................                                                     ..............................
NIP.                                                                         NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar